Sambutan

Administrator | Jumat, 12 September 2014 - 09:41:54 WIB | dibaca: 2033 pembaca

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Di masa lalu Tarakan pernah dikenal sebagai Pulau Minyak, dan telah menyumbangkan kontribusi yang tidak kecil sebagai penghasil minyak bumi yang berkualitas tinggi sejak tahun 1896. Karena minyak bumi itu pulalah, selama pecah Perang Pasifik (1942-1945) Tarakan bahkan menjadi medan pertempuran yang dasyat sebagai Pearl Harbour Indonesia yang hampir terlupakan dalam sejarah. Tercatat sekitar 250 tentara Australia dan 1700 tentara Jepang tewas di Tarakan.

Pemerintah dimasa lalu yang sangat sentralistis menyebabkan pembangunan wilayah pinggiran termasuk Tarakan relatif sangat terabaikan. Zaman terus berubah, muncullah era Otonomi Daerah sebagai salah satu hasil perjuangan reformasi telah memberikan angin segar dalam pembangunan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Dengan kewenangan yang ada dan penerima keuangan dari bagi hasil sumber daya alam sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pemerintah Kota dan Kabupaten mempunyai keleluasaan dalam berkreasi untuk mempercepat pembangunan dalam bingkai NKRI.

Sejak otonomi daerah digulirkan secara nasional pada Januari 2001, Pemerintah Kota Tarakan bersama masyarakat dan kalangan dunia usaha terus bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain, dan bahkan negara lain. Dengan segala potensi yang ada, Pemerintah Kota Tarakan bertekad untuk terus membangun dan mewujudkan kehidupan yang lebih maju, lebih berkualitas dan lebih sejahtera dalam bingkai NKRI sesuai dengan konsensus dunia lewat Millenium Development Goals ( MDG ).

Situs ini secara singkat ingin memberikan gambaran tentang sejarah, perkembangan, visi, misi, kebijakan, hasil, tantangan dan kendala pembangunan di Kota Tarakan. Diharapkan semua pihak terkait dapat bergandengan tangan dan menyatukan kekuatan untuk mewujudkan cita-cita Tarakan menjadi salah satu The Little Singapore atau bahkan The New Singapore di Indonesia, yang bersama-sama dengan kota-kota lain di Indonesia menjadi kekuatan baru yang disegani dunia.


PORTAL INFO TARAKAN - SEKEDAR INFORMASI
Kota Tarakan, Kalimantan Utara, e-Mail: infotarakan.email@gmail.com