Daerah

WALIKOTA TARAKAN MINTA JAJARANNYA SEGERA SUSUN GRAND DESAIN KEPENDUDUKAN

USER_IT | Selasa, 06 Januari 2015 - 15:32:37 Wita | dibaca: 1010 pembaca

TARAKAN-Persoalan kependudukan Kota Tarakan mendapat perhatian serius dari Walikota Tarakan Sofian Raga kala memberikan arahan kepada Camat dan Lurah serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis lainnya yang berada dibawah koordinasi Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tarakan. 

Kegiatan yang bertajuk Jumpa Pagi Koordinasi Asisten Pemerintahan tersebut dilaksanakan di Ruang Pertemuan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tarakan pada Selasa (6/1) dan dihadiri oleh segenap pimpinan SKPD di bawah koordinasi Asisten Pemerintahan.

Sebagai sebuah kota pulau dengan luas daratan yang sangat terbatas, Tarakan membutuhkan pengaturan khusus dalam hal kependudukan. Tercatat dalam kurun waktu 17 tahun terakhir atau sejak diresmikannya Tarakan sebagai daerah otonomi baru, penduduk Kota Tarakan telah mengalami peningkatan lebih dari 98 persen dengan pertumbuhan penduduk rata-rata 5-7 persen per tahun. Dari jumlah penduduk tersebut didominasi oleh penduduk pendatang khususnya dari pulau Jawa dan Sulawesi.

" Kita berada di sebuah Kota Pulau yang tentu berbeda dengan Kota yang berada satu hamparan daratan dengan daerah lainnya, sehingga perlu ada kekhususan dalam mengatur persoalan kependudukan. Jika tidak, maka 20 atau 30 tahun lagi, pulau ini tidak akan mampu lagi menampung penduduknya" jelas Sofian Raga. 

Untuk itu, Sofian Raga meminta Asisten Pemerintahan bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tarakan untuk sesegera mungkin melakukan kajian dan menyusun perencanaan atau masterplan kependudukan Kota Tarakan baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang. 

"sesegera mungkin, melalui Asisten Pemerintahan untuk mengundang para pakar kependudukan guna membantu menyusun grand desain pembangunan kependudukan Kota Tarakan" pinta Sofian 

Menurut Sofian Raga Idealnya dalam pengaturan kependudukan, tidak ada penduduk yang tidak terpantau, baik yang memiliki KTP maupun yang tidak. Untuk itu, Sofian Raga meminta agar jajaran Camat dan Lurah dapat melakukan pengawasan secara maksimal terhadap penduduk di wilayah kerja masing-masing. (HMS/LP)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)