Daerah

WALIKOTA LANTIK FORUM DAS KOTA TARAKAN

USER_IT | Selasa, 23 Desember 2014 - 13:24:07 Wita | dibaca: 3012 pembaca

WALIKOTA LANTIK FORUM DAS KOTA TARAKAN

TARAKAN - Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Tarakan yang diketuai Mudain, ST secara resmi dilantik oleh Walikota Tarakan pada Selasa (23/12) bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Tarakan. Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Forum DAS Provinsi Kalimantan Timur Prof. Sigit Hardiwinarto.

Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Tarakan Nomor : 915/hk-XI/404/2014, Susunan Pengurus Forum Das Kota Tarakan terdiri dari jajaran unsur Pelindung, Penasehat, Dewan Pakar dan Ketua yang dibantu oleh 4 (empat) bidang, yakni : bidang Perencanaan dan Sistem Informasi DAS, Litbang dan Pemantauan DAS, Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat, serta Bidang Pengelolaan DAS. Tujuan dibentuknya Forum DAS tersebut adalah untuk menyelenggarakan pengkajian, konsultasi, koordinasi dan komunikasi dalam rangka terwujudnya keterpaduan dan keserasian dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi Daerah Aliran Sungai sebagai masukan kepada pengambil keputusan baik kepada eksekutif maupun legislative di Kota Tarakan.Kedudukan Forum DAS sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor : P.61/Menhut-II/2013 adalah sebagai lembaga yang independen dan mitra lembaga atau instansi teknis di bidang pengelolaan DAS. 

Walikota Tarakan Sofian Raga dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan Forum DAS Kota Tarakan tersebut sangat sejalan dengan program kerja Pemerintah Kota Tarakan khususnya di bidang lingkungan. Bahkan secara Absolut persoalaan lingkungan telah masuk dalam kalimat Visi Kota Tarakan yakni berwawasan lingkungan.

" Persoalan DAS ini merupakan bagian dari persoalan lingkungan yang secara absolut telah masuk di dalam visi Kota bahkan telah dijabarkan di dalam dokumen RPJMD Kota Tarakan 2014-2019" jelas Sofian Raga

Lebih lanjut Sofian Raga menjelaskan bahwa di Kota Tarakan terdapat sekitar 63 daerah aliran air yang bisa dikategorikan daerah aliran sungai (DAS) dengan ukuran yang bervariatif. Dari jumlah tersebut ada 15 DAS yang menjadi sasaran target Pemerintah untuk dijadikan sebagai sumber air baku guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Tarakan. Untuk itu, perlu menjadi perhatian semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan daerah aliran sungai tersebut sehingga dapat dimanfaatkan.

"saat ini pelayanan air bersih melalui PDAM baru menjangkau 45% penduduk Kota Tarakan, masih ada 55 % lagi yang menjadi pekerjaan rumah kita.Debit air yang dihasilkan pun baru mencapai 450 liter per detik padahal untuk memenuhi kebutuhan air bersih 100% penduduk Tarakan kita membutuhkan sekitar 1200 liter per detik" papar Sofian Raga.

Tarakan ini memiliki keunikan tersendiri kata Sofian Raga, Selain sebagai sebuah Kota Pulau yang tidak punya konektifitas darat dengan daerah lainnya, Tarakan juga memiliki curah hujan yang cukup tinggi bahkan hampir sama dengan Kota Bogor. Tarakan hampir tidak mengenal adanya musism penghujan dan kemarau. Di saat hujan, Tarakan melimpah dengan air hujan bahkan mengakibatkan banjir di beberapa titik. Namun sebaliknya di saat tidak turun hujan dalam 10 hari ke atas, Tarakan mengalami kekeringan yang berdampak pada ketidakcukupan pasokan air bersih untuk kebutuhan masyarakat. (HMS/FLY/LP)










Komentar Via Website : 4
Jaket Kulit Asli
14 Mei 2015 - 13:59:51 WIB
selamat siang semoga hari ini anda semangat dalam menjalankan aktifitasnya
https://goo.gl/QV5ynu
Jaket Kulit Asli
14 Mei 2015 - 14:20:43 WIB
selamat siang semoga hari ini anda semangat dalam menjalankan aktifitasnya
https://goo.gl/QV5ynu
Jaket Kulit Asli
14 Mei 2015 - 14:31:30 WIB
selamat siang semoga hari ini anda semangat dalam menjalankan aktifitasnya
https://goo.gl/QV5ynu
jaket kulit bandung
20 Mei 2015 - 13:59:20 WIB
selamat siang, semoga semangat dalam menjalankan segala aktivitasnya
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)