Daerah

WALI KOTA BERSAMA PESERTA LATSITARDA MENANAM PADI DI MAMBURUNGAN TIMUR

Administrator | Jumat, 05 Mei 2017 - 07:23:04 Wita | dibaca: 457 pembaca

TARAKAN - Sektor Pertanian merupakan satu dari 27 Program Strategis yang terus dijalankan Pemkot Tarakan. Konsepnya adalah pemanfaatan lahan tidur untuk bercocok tanam.

Tak hanya lahan tidur yang dimiliki Pemkot Tarakan, lahan milik warga juga bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam yang didukung oleh pemerintah asal sesuai dengan aturan yang berlaku. Seperti penyediaan bibit, bimbingan teknis atau pelatihan dan bentuk lainnya.

Hal ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tarakan khususnya di sektor pertanian.  Misalnya pencetakan sawah dan penanaman bibit padi seluas 4 hektare (ha) di RT. 2 Jalan Sungai Ngigitan tepatnya di belakang Masjid Al Muttaidah, Kelurahan Mamburungan Timur.

Kegiatan tersebut digagas oleh para taruna dan praja peserta Latsitarda Nusantara ke-37 tahun 2017 bersama masyarakat dan TNI Polri serta SKPD di lingkungan Pemkot Tarakan.

Dalam sambutannya Wali Kota Tarakan, Sofian Raga memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara. "Inilah yang saya harapkan. Untuk itu, kepada masyarakat saya mengajak khususnya yang memiliki lahan tidak harus besar agar bisa dimanfaatkan untuk menanam tumbuhan bermanfaat, paling tidak untuk kebutuhan diri sendiri, apalagi kalau bisa untuk dijual untuk pendapatan keluarga," beber wali kota mengharapkan.

Wali kota mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat Tarakan secara umum dalam mewujudkan ketahanan pangan di Bumi Paguntaka.

"Selain menjadi kebutuhan penguatan stok pangan, juga menjadi pendapatan bagi masyarakat. Ini akan menjadi contoh buat masyarakat baik saat ini maupun yang akan datang, bagaimana memberdayakan ruang tanam yang ada untuk benar-benar dimanfaatkan," kata wali kota.

Kepada masyarakat Tarakan, lanjut dia, khususnya yang memiliki lahan namun belum juga dimanfaatkan dapat melaporkan ke setiap kelurahan untuk dilakukan penanaman atau percetakan sawah dan lain-lainnya.

Meski Kota Tarakan merupakan pulau kecil namun tidak sedikit lahan yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.  Pemkot Tarakan, masih dikatakannya, mendukung penuh terhadap inovasi masyarakat di sektor pertanian tersebut. (syr)










Komentar Via Website : 2
Geo Textile
12 Oktober 2017 - 10:08:28 WIB
Semoga industri pertanian semakin membaik dengan adanya teknologi yang bisa membantu industri ini makin maju misalnya dengan penggunaan geo textile untuk lapisan kompos yang berguna untuk industri pertanian.

Regards,
Hiloninside - http://www.hiloninside.com/product/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)