Daerah

PEMKOT MULAI PENATAAN KAWASAN EKS KEBAKARAN SELUMIT PANTAI DAN KARANG REJO

USER_IT | Selasa, 27 Januari 2015 - 08:36:01 Wita | dibaca: 1679 pembaca

TARAKAN - Pemerintah Kota Tarakan bergerak cepat melakukan penanganan pasca kebakaran yang beberapa waktu lalu secara beruntun melanda warga RT. 7 dan RT. 14 Kelurahan Selumit Pantai serta RT.3 Kelurahan Karang Rejo.Tahap awal pelaksanaan penataan kawasan tersebut ditandai dengan kegiatan Sosialisasi rencana penanganan kepada masyarakat korban kebakaran yang dilaksanakan pada Minggu pagi (25/01) bertempat di Ruang Pertemuan Kelurahan Karang Balik. 

Sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota Tarakan bersama Ketua DPRD Kota Tarakan dan Ketua Komisi III serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tarakan. Kegiatan diawali dengan pemaparan dari pihak Konsultan yang memberikan gambaran umum perencanaan penanganan kawasan eks kebakaran baik di Kelurahan Selumit Pantai maupun Kelurahan Karang Rejo. Tujuan dari kegiatan penataan yang yang akan dilakukan selain untuk menghilangkan kerentanan terhadap ancaman bencana kebakaran, juga untuk menciptakan kawasan pemukiman yang layak huni seperti halnya kawasan pemukiman yang ada  di daratan.

 Walikota Tarakan Sofian Raga dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka pemulihan dan penataan kembali kawasan eks kebakaran diperlukan suatu perencanaan yang sistematis dan komprehensif. Untuk menghasilkan suatu perencanaan yang ideal dan dapat diterima oleh semua pihak, maka dalam menyusun perencanaan penataan kawasan tersebut diperlukan kebersamaan dan peran serta dari masyarakat yang terkena dampak serta pihak lainnya yang terkait.Sofian Raga dalam kesempatan tersebut juga memberikan beberapa contoh penanganan kawasan eks kebakaran yang pernah dilakukan penataan di Kota Tarakan yakni di kawasan Beringin Kelurahan Selumit Pantai dan kawasan belakang Bank Kaltim Karang Rejo yang juga secara geografis tidak jauh dari lokasi eks kebakaran yang akan ditata. 

"Ambil saja kawasan eks musibah kebakaran beringin yang sekarang sudah jadi daratan dan kerentanannya sudah berkurang.satu lagi di belakang BPD Kaltim, sudah sedemikian rupa. Kawasan seperti itu tentu akan mengurangi kekhawatiran kita akan terjadinya bencana kebakaran serupa " ungkap Sofian Raga 

Menurut Sofian Raga, kawasan eks kebakaran di RT.7 dan RT. 14 Selumit Pantai serta RT. 3 Kelurahan Karang Rejo masih ideal untuk dijadikan kawasan pemukiman daratan karena kedalamannya masih di bawah 1,5 sampai 2 meter. Jika kawasan ini dibiarkan kembali terbangun seperti semula, maka kita belum menyelesaikan kerentanan dan kerawanan kawasan tersebut dari berbagai persoalan yang ada baik aspek lingkungan maupun aspek sosial lainnya.Sofian Raga juga menegaskan bahwa penataan yang akan dilakukan tersebut sudah sejalan dengan program Pemerintah Kota Tarakan dalam pengembangan dan pembangunan kawasan pesisir. 

"ini sejalan dengan program Pemerintah Kota, bagaimana melakukan pengembangan dan pembangunan kawasan pesisir, bukan karena ada musibah kebakaran baru ditata. yang lain pun nanti Pemerintah Kota akan melakukan pertemuan sosialisasi kepada masyarakat.infrastrukturnya akan kita perbaiki menjadi kawasan pemukiman yang ideal, aman dan nyaman" jelas Sofian Raga 

Secara teknis, Sofian Raga menjelaskan bahwa langkah pertama yang akan dilakukan adalah memberikan tanda setiap persil lahan yang akan dilakukan oleh masyarakat dibawah pengawasan dan koordinasi Camat, Lurah dan Ketua RT setempat. Setelah diberi tanda, selanjutnya Tim dari Pemerintah Kota dan Pertanahan akan turun ke lokasi melakukan pengukuran dan memetakan kawasan tersebut. Hasil Pemetaan tersebut akan menjadi dasar bagi konsultan untuk melakukan penataan dengan menggunakan konsep Land Consolidation (LC) yaitu menata kembali letak dan batas-batas tanah serta sarana dan prasarana yang ada di dalamnya. 

Dalam penataan tersebut, setiap pemilik lahan akan bersedekah tanahnya kurang lebih 20 % dari total luasan lahan yang dimiliki untuk kepentingan pembangunan jaringan jalan, drainase, fasilitas umum maupun fasilitas sosial yang dibutuhkan oleh masyarakat.Posisi rumah yang akan di bangun oleh masyarakat pun akan diatur sehingga semuanya menghadap ke jalan atau sungai.Sofian Raga juga mengingatkan bahwa hasil dari penataan tersebut nantinya bisa merubah posisi letak lahan tiap-tiap warga dengan luasan yang sama seperti semula namun dikurangi untuk urunan kebutuhan lahan bagi pembangunan infrastruktur dan prasarana lainnya. 

Sementara itu, masyarakat korban kebakaran yang hadir dalam sosialisali tersebut mengucapkan terima kasih dan sangat menyambut baik serta mendukung upaya cepat yang dilakukan oleh Pemerintah Kota dan DPRD Kota Tarakan dalam menata kembali kawasan eks kebakaran di Selumit Pantai dan Karang Rejo. 

Sebagai wujud dukungan konkrit, pada kesempatan tersebut masyarakat meminta agar mulai Senin (26/1) segera dijadwalkan untuk melakukan pemberian tanda batas tanah oleh masyarakat di bawah yang dipimpin oleh Camat, Lurah dan Ketua RT masing-masing. (HMS/LP-FT/DR)

 










Komentar Via Website : 1
Slimming Capsule Green World
27 Januari 2015 - 21:42:30 WIB
makasih infonya. saya tunggu update an terbarunya ya http://goo.gl/gksiYO | http://goo.gl/HB4wTL | http://goo.gl/0CwBsI | http://goo.gl/Gc54kg | http://goo.gl/4bP7h5
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)