Kesehatan

PEMERINTAH KOTA SOSIALISASIKAN PEMBANGUNAN TPA JUATA LAUT

Administrator | Selasa, 02 Mei 2017 - 08:55:01 Wita | dibaca: 449 pembaca

TARAKAN - Sampah yang dihasilkan masyarakat dengan rata-rata 120 ton per hari melalui Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jalan Aki Babu, Kelurahan Karang Harapan, Kecamatan Tarakan Barat sudah tidak seimbang dengan kapasitas yang ada.

Kondisi TPA Aki Babu dengan luas lahan 6 hektare (ha) yang telah berusia 30 tahun tersebut dinilai sudah overload untuk menampung ratusan ton sampah masayarakat Tarakan setiap harinya. Dengan kondisi tersebut, Pemkot Tarakan terus berupaya akan melakukan pemindahan TPA tersebut. "Seharusnya setahun lalu sudah ditutup, karena kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi," kata Wali Kota Tarakan, Sofian Raga.

Bercermin dari persoalan tersebut Pemkot Tarakan akan membangun TPA Juata Laut dengan luas lahan 43 hektare yang diperkirakan bertahan minimal 100 tahun.

"Tahun ini sudah memasuki tahap pertama (persiapan) yang dananya bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) melalui Kementerian Pekerjaan Umum sebesar Rp 15 miliar," sebut wali kota usai bertemu masyarakat Juata Laut dalam acara Sosialisasi Pembangunan TPA.

Lebih jauh dikatakan wali kota, pengelolaan sampah di TPA Juata Laut akan berbeda dengan TPA Aki Babu. Sistem pengelolaan sampah di TPA Juata Laut memakai Sanitary Landfill yang dibuatkan suatu lubang penimbunan agar dampak yang dihasilkan sampah tersebut seperti aroma yang tidak menganggu aktivitas masyarakat di sekitarnya.

"Dampaknya akan kita minimalisir, dan sampahnya pun akan kita manfaatkan/konversi menjadi bahan baku pembangkit listrik yang bisa menghasilkan 2 Mega Watt (MW). Dengan kapasitas itu saya kira cukup untuk kebutuhan listrik masyarakat Juata Laut," jelasnya.

"Makanya sebelum mulai kita laksanakan pembangunan TPA di Juata Laut ini kita kembali sosialisasikan lagi ke masyarakat dan ini merupakan sosialisasi tahap kedua karena tahun ini juga akan dimulai pembangunan tahap pertama. Kita harapkan semoga dapat berjalan dengan lancar," tambah wali kota. (syr)










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)