Daerah

PEMERINTAH KOTA HARUS MENJADI PELOPOR DALAM KONSERVASI ENERGI

USER_IT | Rabu, 06 Mei 2015 - 14:33:58 Wita | dibaca: 954 pembaca

Tarakan (6/5) – Sektretaris Daerah Kota Tarakan H. Khaerul membuka acara Bimbingan Teknis Konservasi Energi Tahun 2015 Oleh Direktorat Konservasi Energi Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM acara diselenggarakan di Hotel Swissbell Hotel Tarakan.

Acara diprakarsai oleh Dinas Kehutanan Tambang dan Energi Kota Tarakan, Dari Direktur Konservasi Energi, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Maritje Hutapea, acara dihadiri oleh Direktur Konservasi Energi Baru , Terbarukan dan Konservasi Energi dari kEmenterian ESDM, ESDM Provinsi Kalimantan Utara, Kepala SKPD Kota Tarakan, BUMN, BUMS Kota Tarakan.

Presiden RI telah menyampaikan pidato yang menekankan pentingya gerakan hemat energi dan air sebagai upaya menjaga  kestabilan ekonomi nasional. Sejalan dengan hal tersebut telah terbit 4 (empat) peraturan di 3(tiga) bidang penghematan energi dan air, yaitu permen ESDM No.12 tahun 2012 tentang Pengendalian Penggunaan Bahan Bakar Mintak, Permen ESDM No.13 Tahun 2012 Tentang Penghematan Pemakaian Tenaga Listrik, Permen ESDM No. 15 Tahun 2012 Tentang Penghematan Penggunaan Air Tanah.

Permen ESDM tersebut di implemntasikan dalam program-program Rencana Jangka Menegeah Daerah (RPJMD) Kota Tarakan, Pemenuhan dan ketersediaan serta cadangan air berseih PDAM, Pemenuhan kebutuhan dan ketersediaan serta cadangan air bersih (PDAM), Pengembangan dan pembangunan kota Gas (city gas) .Pemerintah Kota Tarakan juga berupaya memaksimalkan pemakaian gas alam untuk menggantikan BBM sebagai sumber listrik maupun untuk keperluan rumah tangga (city gas)

Dalam Sambutannya Maritje Hutapea “ Penghematan energi digunakan untuk orang yang belum menikmati energi dan setiap kantor pemerintah kota harus memiliki gugus tugas/satgas meraka yang akakn melakukan memonitor, melaporkan sehingga kantor pemerintah bisa menjadi contoh, pelopor dalam konservasi energi sehingga bisa melakkukan penghematan”. Ujarnya.

Dalam Sambutannya Sekda “Hemat energi bisa terlaksanan apabilal ada niat melakukan dari hal kecil seperti menggunakan peralatan listrik dan air seperlunya dan mulai mengganti lampu LED yang bisa membantu penghematan, baik dari biaya konsumsi perbulan. Diharapkan seluruh staff di Pemkot , Masyarakat Kota Tarakan untuk selalu melakukan penghematan berupaya mencabut semua listrik, mematikan lampu, Komputer, AC dijika tidak digunakan agar bisa melakukan konservasi energi”. Ujarnya.(hms/fly)

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)