Daerah

PEMBANGUNAN EMBUNG RAWASARI MASUK TAHAP II

Administrator | Rabu, 19 April 2017 - 13:16:33 Wita | dibaca: 404 pembaca

TARAKAN - Progres pembangunan Embung Rawasari melalui dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Pekerjaan Umum sejak tahun 2016 lalu kini sudah memasuki tahap dua.

"Pengerjaan Embung Rawasari ini di kerjakan selama tiga tahap, dari tahun 2016 sampai 2018. Jadi targetnya akan selesai akhir 2018 mendatang," jelas Wali Kota Tarakan, Sofian Raga ketika meninjau pembangunan embung tersebut.

Embung Rawasari yang terletak di Kelurahan karang Harapan ini memiliki kedalaman sekitar 6 meter dan bisa menampung air bersih sebanyak 150 ribu hingga 170 ribu kubik.

Selain Embung Rawasari , tahun ini juga Pemkot Tarakan sedang membangun embung di Sungai Indulung dengan kapasitas 600 liter per detik dengan jaringan pipa sepanjang 12 kilometer.

Embung Rawasari dan Embung Sungai Indulung merupakan yang ke 4 dan 5 dari aliran sungai yang ada di Tarakan. Karena berdasarkan hasil survey masih ada tujuh lagi aliran sungai di Kota Tarakan yang bisa dimanfaatkan air bersihnya dengan membangun embung," ungkapnya.

"Mudah-mudahan ini untuk jangka tertentu masih bisa memberikan layanan kebutuhan air baku untuk masyarakat Tarakan. Jadi kita maksimalkan dulu potensi-potensi aliran sungai yang ada di Tarakan," harap Wali Kota menambahkan.

sebab, jelas dia, dengan curah hujan tropis mempunyai kemampuan untuk mencukupi kebutuhan, namun hal ini tergantung dengan terjadinya degradasi lingkungan. Termasuk tingginya percepatan pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan kebutuhan air meningkat, termasuk persoalan lingkungan. " sehingga kita harus hati-hati karena ketika degradasi lingkungan tidak bisa dikendalikan maka kita akan mengalami masalah air bersih," katanya.(syr)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)