Daerah

MENDES PDT DAN TRANSMIGRASI TEGASKAN KOMITMEN MEMBANGUN INDONESIA DARI PINGGIRAN

User_IT | Selasa, 17 November 2015 - 11:11:49 Wita | dibaca: 1313 pembaca

MALINAU - Walikota Tarakan, Sofian Raga, menghadiri undangan dari Bupati Malinau, Yansen TP dalam Seminar Nasional Membangun Indonesia dari pinggiran dengan pembicara utama Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Marwan Djafar  di Kantor Bupati Malinau, Senin (16/11).

Dalam paparannya, Marwan Djafar menegaskan kembali komitmen pemerintahan Joko Widodo untuk mewujudkan Nawacita ke 3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, yang salah satunya dimulai dari desa-desa di perbatasan. "Tahun ini, pemerintah telah menganggarkan dana desa sebesar 20 triliun. Komitmen kami di kementerian, alokasi dana desa pada tahun 2018 mencapai 10 persen dari dana transfer daerah yaitu 70 triliun. Artinya, masing-masing desa akan mendapat jatah 1 sampai 1,4 miliar per tahun," ungkapnya yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin yang sebagian besar merupakan aparat desa.

Menteri yang juga anggota DPR periode 2009-2014 tersebut juga mengapresiasi langkah gerakan desa membangun yang digagas oleh Bupati Malinau, ia berpesan bagi Kepala Desa untuk jangan ragu-ragu dalam mengambil kebijakan terkait pembangunan di desa. "Tekankan pembangunan pada bidang infrastruktur dan jangan ada kekhawatiran terkait pertanggungjawaban selama diselenggarakan secara transparan. Kementerian PDT telah menerbitkan juknis pertanggungjawaban bagi aparat desa", ujarnya.

Sebagai informasi tambahan, dalam Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2014, daerah tertinggal merupakan daerah kabupaten yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional. Berdasarkan data dari Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, Kota Tarakan sendiri tidak termasuk dalam daftar daerah tertinggal di Provinsi Kalimantan Utara. (HMS/YPR)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)