Daerah

INDIKATOR PEMBANGUNAN TARAKAN DI ATAS NASIONAL DAN PROVINSI

USER_IT | Selasa, 16 Desember 2014 - 16:16:48 Wita | dibaca: 1919 pembaca

TARAKAN - Setelah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-17 Kota Tarakan tahun 2014 pada Senin (15/12), tepat pukul 10.30 Wite, bertempat di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Tarakan, dilaksanakan Rapat Paripurna Istimewah DPRD Kota Tarakan yang dihadiri oleh Walikota Tarakan dan Wakil Walikota Tarakan.

Rapat paripurna DPRD yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Tarakan Sabar Santuso dihadiri juga oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Di Daerah (Forkopimda), Satuan Kerja Perang Daerah (SKPD) Kota Tarakan, dan sejumlah undangan lainnya yang mewakili komponen masyarakat Kota Tarakan.

Dalam sambutannya, Walikota Tarakan mengajak segenap masyarakat Kota Tarakan untuk banyak-banyak bersyukur atas begitu banyak nikmat dan berkah yang telah diberikan Allah SWT kepada Kota Tarakan dan masyarakatnya. lebih lanjut Sofian juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, berkarya dan mengambil peran bagi kemajuan pembangunan Kota Tarakan sebagaimana yang saat ini dirasakan.

Sofian Raga dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa selama kurun waktu 17 tahun, banyak perubahan yang telah dialami Kota Tarakan. "Selama kurun waktu 17 tahun Kota Tarakan, telah banyak perubahan-perubahan yang kita alami dihampir semua sektor kehidupan bermasyarakat. Infrastruktur dan prasarana kota terus mengalami perkembangan, dunia pendidikan dan kesehatan kita juga semakin terjangkau dan berkualitas, serta begitu pula halnya dengan sektor lainnya yang secara bersama tumbuh dan berkembang ke arah yang semakin baik." ungkap Sofian Raga

lebih lanjut Sofian Raga menjalaskan bahwa khusus pada sektor pembangunan Manusia yang biasanya diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia, Kota Tarakan terus mengalami kemajuan. Untuk diketahui bahwa IPM Kota Tarakan tahun 2013 yang lalu telah berada pada angka 78,07 %. Angka tersebut berada di atas IPM Nasional (73,81%), Provinsi Kalimantan Timur (77,33%) dan kalimantan Utara (74,72%).

Khusus di bidang kesehatan, perbaikan pelayanan kesehatan salah satunya diukur dengan nilai angka harapan hidup masyarakat. Tahun 2013, rata-rata angka harapan hidup masyarakat Kota Tarakan adalah 72,38 tahun. Angka tersebut juga melampaui angka harapan hidup nasional (70,07 tahun), Provinsi Kalimantan Timur (71,708 tahun) dan Kalimantan Utara (69,70 tahun). 

Di bidang pendidikan, angka melek huruf masyarakat Kota Tarakan tahun 2013 telah mencapai angka 98,98 persen dengan rata-rata lama sekolah 9,5 tahun. Angka tersebut juga masih berada di atas angka nasional maupun Provinsi Kaltim dan Kaltara. Demikian pula halnya di bidang perekonomian, nilai rata-rata pengeluaran perkapita masyarakat Kota Tarakan juga masih berada di atas angka nasional, Provinsi Kaltim maupun Kaltara.(hms/LP)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)